Ikan ini disebut Ikan pemakan algae yang effektif tapi Rahasia nama nya ikan Platy

√ Beragam Jenis Ikan Platy (Lengkap dengan Gambarnya)


Salah satu hal yang membuat saya bahagia yaitu dapat info kuota murah, wkwkwkwk.. Paling enak sih dapet wifi gratisan. Saya beli kuota dengan harga 47.000,- dapat kuota 25 Gb. You know lah wkwkwk siapa itu. Pokonya yang kepake Cuma 5 Gb, sisanya paket malam. Saya pikir worth lah ibarat nya 10 rb = 1 GB. Lumayan yah bosku ahahaha.. ++ jaringan di kampung saya lumayan terasa cepet.

Btw saya terinspirasi dari postingan https://tanikan.blogspot.com, judul : “tentang ikan pemakan alga paling baik ” . jadi agan yang punya blog tanikan.blogspot.com ini sudah frustasi, cie frustasi wkwk.. udah frustasi dengan menjalarnya alga yang sudah menyebar di aquascape doi. Sehingga dia udh mulai kehilangan semangat untuk mengurus Aquascape nya.
Salah satu kutipan nya ;

“Hmmm...sangat mengganggu sekali lumut hitam ini karena tumbuhnya sangat cepat dan dalam sekejap lumut hijau kalah bersaing dengan si hitam. Akhirnya saya putuskan untuk membeli hewan pemakan lumut atau alga eater untuk mengatasinya. Saya membeli corydoras yang katanya jago makan alga dan saya kasih siput kecil pula.

Namun entah kenapa si corydoras tidak begitu berguna karena hanya sedikit sekali makan lumut”.

Kebayang yah gimana resahnya dia wkwkwk. Udah mah abisin uang beli corydoras tapi gak ada guna sama sekali. Hmm saya ikut prihatin :(

“Karena sudah putus asa dengan masalah lumut akhirnya aquascape itu jarang saya urus. Sampai pada suatu hari saya iseng beli ikan platy / plati jenis black-gold lyretail dan tricolor mickey mouse dan saya pelihara dalam akuarium tadi. Tak disangka-sangka ikan-ikan kecil itu justru sangat efektif memakan lumut”.  

Jadi awalnya iseng-iseng yah bosku. Kira-kira seperti itu sedikit kutipan dari tanikan.blogspot.com. bisa dibuka aja langsung kalo penasaran yah.

Kembali ke topik, jujur saya penasaran nih. Hari itu juga semenjak saya baca postingan tsb. Saya otw ke toko ikan hias yang paling dekat di kampung saya. Ya kira-kira < 1 km jauhnya.

Harga nya murah sekali, 5000,- bisa dapat 4 ikan kalo di disini. Karena saya pernah ngurus ikan guppy, sekilas sih saya tau antara jantan dan betina, hanya kalo ikan plati / platy ini saya juga kurang faham karena sangat sulit untuk membedakannya tidak semudah ikan guppy wkwkwk

Saya lihat-lihat ada dua tempat aquarium ikan plati ini, saya pikir karena jantan dan betina. Dan betul, setelah saya tanya ke penjaga (cewe) tukang ikan ini “teh, ini beda nya apa” saya tunjuk diantara dua aquarium platy ini. “oh, ini jantan – ini betina”, jawab si teteh penjaga ikan hias ini. Dialog ini sebenernya bahasa sunda cuman saya khawatir apabila ada yang baca terus ga faham hehe..
Hari itu, saya beli 4 ikan = 5000,- 3 betina dan 1 jantan. Ada 2 betina kelihatan perutnya seperti sedang mengisi. Saya senang karena sangat besar harapan ya ikan ini bisa berkembang biak di aquarium kecil saya ini.

Saya biasanya memberi pelet 2x sehari dan pagi ini, platy tepat sekali berumur 3 hari di aquarium saya. Saya lihat di atas dan di belakang batu ada beberapa ikan ikan kecil yang terbang dan hinggap di bebatuan. Wow maniac!

Untungnya saya menyisipkan beberapa tanaman air di belakang bebatuan sehingga mereka (anak-anak ikan kecil) bisa ngumpet / nyumput (kalo bahasa sunda) di sela-sela tanaman sehingga menjauh dari terancam nya dimakan oleh indukan (kalo ikan guppy sih gitu kalo ketemu sama anakan kecil, ya dilahap).

Saya sih gaberencana untuk memisahkan tank untuk anak-anak platy. Saya mencoba untuk menciptakan suasana se alami mungkin di dalam satu tank. Semoga termasuk kategori hehe
Btw, tank saya ini kecil. Ukuran nya Cuma 30 cm. Ini tank kedua saya setelah tank yang ukuran 40 cm. Saya lebih suka dengan ukuran yang mini karena tidak memakan space yang banyak, cukup satu meja dan jadi...

Menurut pandagan saya, tank ini termasuk kategori yang aman dari algae ya maksudnya gaterlalu banyak lah gitu algae-algae yang hidup.
Tujuan saya membeli ikan platy ini :
1.       Menjaga kebersihan tank dari algae (mungkin)
2.       Ingin mencoba meng-anakan ikan platy

Finish, cerita bagian pertama saya melihara ikan platy ini, siapa tahu ada juga yang mau miara / penasaran. Saya ingin memberikan 3 kata :
1.       Beli
2.       Hari
3.       Ini


Komentar